1 Okt 2010

Membuat Windows XP Live CD

Nongol lagi gua. Pernah dengar Live USB? Yap. Biasanya di pake di LINUX.Contohnya ya LIVE USB uBuntu, dll. LIVE CD? UBuntu juga ada tuch? Tapi kalo LIVE CD XP? Sangat jarang kan? Ok di sini aku mo nyebar ni pengalaman ku buat LIVE CD WIN XP sp2. First, cari dan download PE Builder nya! PE? Apa tuh? Emmm apa yaa….? Hee bercanda. PE tuh singkatan dari Preinstalled Environment. Jadi intinya gini, menggunakan windows xp yang tanpa install di harddisk.
So, system ini hanya menggunakan memori pada RAM computer. Live CD ini biasanya digunakan oleh para teknisi computer yang mau backup data ato recovery data saat windows g mau booting, padahal data-data nya di drive C:. selain itu para Admin computer, dan Hacker. Emm mungkin setelah berhasil buat ni LIVE CD gak perlu repot-repot ke bengkel. Cukup siapkan ni cd buat recovery data ketika windows xp mu ngambek.
Di sini aku pake software gratisan. Dan software ini harus dipersiapkan. Apa tuh? Software gratisan yang aku maksud:

1. Bart PE-Builder
2. Windows XP SP 2 (><)?

Kenapa Windows SP SP 2 yang aku pake gratis? Huaaheeee kan aku pejuang Open Source. Jadi aku tetap bertahan dengan label “gratis”. Heee. Sory yach… Microsoft!!! Makanya gratisin aja semua software mu! HIDUP GRATISAN!!!

Untuk Hardware yang digunakan bisa laptop ato computer yang ada DVD/CD RW nya untuk buat ni LIVE CD. Sebenarnya bisa juga bagi yang g punya DVD/CD RW. Cuma lebih sulit. Cz setelah selesai proses pembuatan, user yang g punya DVD/CD RW akan diberikan file .iso nya untuk di copy di CD. Jadi di sini aku ajarin cara buatnya langsung dan tercepat.

1. Copy seluruh isi CD windows XP mu ke Harddisk computer. Terserah mau drive yang mana.

2. Download software PE-Builder di http://www.nu2.nu/ & download versi terbarunya. Disini aku gunain v3.1.10a. Bisa kan downloadnya nak? Boleh yang format .zip ato yang .exe terserah…!

3. untuk yang format .zip, ekstrak dulu yach..baru buka pebuilder.exe yang warna merach berlogo PE. Untuk yang .exe tinggal install aja kan? Double clik!! Next ok next ok next……..finish

4. kalo udah, buka pebuilder .exe. Akan muncul box Licensi Agreement, klick OK ato apa aku lupa yang penting pernyaatan ok ato agree dll

5. setelah itu akan terbuka software nya dan secara default akan muncul box untuk memerintahkan apakah akan dicari secara otomatis directory copy an CD Windows XP nya ato mo dicari sendiri. Silahkan pilih! Opsi YES untuk mencari letak copyan CD Windows xp mu. Dan NO untuk mencari dengan tanganmu sendiri letak directory copyan windows xp mu.

6. Bagi yang memilih YES. Setelah directory seluruh copyan CD Windows ditemukan, klick ok dan letak copy-an cd windows akan tertera di kolom source: tapi bagi yang tadi pilih NO. cari tuh copy-an cd windows lewat box … yang ada di sebelah kiri kolom source. Misal di cd rom drive gitu.

7. pada kolom Custom, digunakan untuk menambah beberapa program yang akan disertakan dalam cd. Tapi inget! Jangan sampai melebihi kapasitas cd. Dan hindari untuk program-program berat. Sperti MS OFFICE, Photoshop, dll. Karena program2 kaya’ gitu mau g mau harus di install ke harddisk Gunakan yang portable2 aja dech.

8. trus pada kolom Media output pilih Burn to CD/DVD dan centangin tu AutoErase RW dan Eject after burn.

9. Burn using aku gunakan StarBurn

10. pada bagian device pilih yang punya lebih dari satu optical drive

11. Plugins button diguanak untukmenambah ato mengurangi aplikasi bawaan Bart PE. Aku rekomendasikan biarkan saja.

12. Terakhir……tkan BUILD dan biarkan proses berlalu.Tapi jangan sampe lupa. Masukin tuh CD blank nya!!

Maaf kalo tutorial ini sangat awam. Atau semua sudah pada tahu ya? Huaaa (T.T) hiks
Ok! Sampe disini dulu yach…..Sayounara…….!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar