25 Sep 2010

Hacker, Pengelompokannya, dan sebagainya

Setelah saya membuat tulisan dibeberapa waktu yang lalu tentang aliran xcode dan budaya hacker yang dimana salah satu tujuannya diharapkan dapat memberikan semangat untuk kita dalam menjaga budaya hacker, maka saat ini saya akan membahas tentang hacker, pengelompokkannya dan sebagainya yang tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan kepastian tentang pengertian dan pengelompokkan hacker yang diakui oleh Saya

Saya setuju dengan pengertian hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya terutama pada keamanan.

Walaupun saya setuju dengan pengertian diatas tapi saya tetap mengacu dari RFC1392, Internet User Glossary yaitu Hacker adalah Seseorang yang tertarik untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu system,komputer atau jaringan komputer.

Menurut CEH pengelompokkan hacker berdasarkan aktifitas yang dilakukan yaitu
Black Hat Hacker, White Hacker, Grey Hacker dan Suicide, dari keempat kelompok tersebut, Diluar konteks pengelompokkan tersebut yang paling mendekati komunitas Xcode sebagai Blue Hat adalah Grey Hacker.

Untuk memasuki wilayah hacking akan melewati beberapa langkah menurut referensi dari HACKER STAGES v1.03 r26MAR2000 dari ElfQrin (www.elfqrin.com) yang kemudian di disadur oleh MOBY. Tingkatannya adalah Si dungu, Lamer, Wannabe, Larva dan Hacker.

Untuk Hirarki Hacker saya mengambil Hirarki Hacker yang ditulis outside adalah dari paling bawah adalah Lamer, Script Kiddie lalu Developed Kiddie, Semi Elite lalu Elite.

Langkah memasuki wilayah Hacking dan hirarki hacker saya bedakan, dimana dimulai dari si dungu untuk wilayah hacking karena si dungu bukan masuk di hirarki hacker. Hirarki hacker dimulai dari Lamer.

Istilah wilayah hacking tertinggi disini disebut hacker, saya lebih melihatnya sebagai hacker yang mempunyai pendewasaan, perubahan pola pikir dan kemampuan teknik yang cukup istimewa, kriteria ini ditulis pada tulisan outside. Bukan berarti Lamer, Script Kiddie dan seterusnya bukan hacker, mereka juga hacker tapi tetapi seorang hacker dengan hirarki yang lebih rendah.

Dari keterangan yang yang saya tulis diatas dan sudah cukup jelas konsepnya maka saya simpulkan Komunitas Xcode mengikuti :
1. Pengelompokkan berdasarkan aktifitas tujuan yaitu mengikuti pengelompokkan dari CEH.
2. Pengelompokkan berdasar memasuki wilayah hacking mengikuti referensi HACKER STAGES v1.03 r26MAR2000 dari ElfQrin
3. Pengelompokkan berdasarkan Hirarki yaitu mengikuti dari tulisan oustside.

Dari kejelasan yang ada diatas maka saya memberikan beberapa hal yang mungkin saat ini rancu. Apakah Lamer itu adalah Hacker? Saya jawab ya walaupun hacker yang paling rendah hirarkinya. Apakah Black Hat Hacker itu juga hacker? Saya jawab ya walaupun hacker yang menggunakan kemampuan untuk melakukan hal-hal yang dianggap melanggar hukum dan merusak.

Berdasarkan 5 tahapan hacking yang yang didefinisikan dalam sertifikasi CEH adalah Reconnaissance, Scanning, Gaining Acces, Maintaining acces lalu yang terahkir adalah Covering Track yang merupakan cara untuk menutup jejak mereka dengan cara menghapus log file serta menutup semua jejak yang mungkin ditinggalkan.

Seorang hacker diharapkan mempunyai kemampuan menutup jejak dengan baik untuk mewujudkan hal tersebut maka kita dapat memulai belajar tentang Digital Forensics dan bagaimana mereka bekerja yang ahkirnya diharapkan kita mendapatkan konsep yang ideal untuk bagaimana agar jejak kita tidak mudah di lacak jika melakukan hacking, misalnya jika dianalogikan yaitu selain kita belajar kriptoanalisis untuk menembus suatu keamanan data yang terenkripsi kita juga perlu belajar Kriptografi untuk mengamankan data.

Saya adalah Hacker Blue Hat, saya belum tertarik ke white hat karena umumnya White hat Hacker adalah para professional yang bekerja pada perusahaan keamanan dan umumnya disebut juga sebagai Security Analys, Security Consultan dan sebagainya yang dimana mempunyai sedikit berbeda konsep dengan Xcode yang menganut aliran blue hat.

Walaupun begitu saya juga ikut senang jika anda menjadi seorang white hat apalagi menjadi professional dibidang security, bahkan saya bangga ada SDM dibidang security yang dapat makin memajukan Indonesia. Walaupun begitu saya masih menginginkan komunitas tetap pada tempatnya yaitu komunitas dengan budaya hacker Blue hat yang bebas dan merdeka seperti manifesto yang dibuat oleh seorang hacker yang menggunakan nickname The Mentor dan pertama kali dimuat pada majalah Phrack (volume 1 / issue 7 / 25 September 1986).

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar